31 Hari Membuat Blog 01 Tantangan Membangun Blog Lebih Baik

  • 0



Di hari pertama anda sudah memutuskan untuk membuat blog, dengan kategori dan tema yang sudah anda tentukan sendiri. Sebelum anda membuat tulisan pada blog, terlebih dahulu anda mempersiapkan sesuatu. Pada tahapan seperti :

Menginstal Program Metrik

Untuk membantu blog dengan beberapa tugas dalam tantangan dan untuk membantu Anda melacak keberhasilan blog Anda. pastikan Anda memiliki beberapa jenis paket statistik atau metrik terinstal di blog Anda. Saya menggunakan dan merekomendasikan Google Analytics (gratis dan komprehensif) tetapi di internet, terdapat program analisa yang lebih menarik.

Undang Teman untuk Bergabung dengan Anda
ini terdengar seperti permintaan yang  egois, namun anda akan bisa melihat dengan pasti perkembangan blog anda. Terdapat alasan untuk itu, yaitu akuntabilitas dan kekuatan bekerja sama.
Lakukan Analisis SWOT Blog Anda

Analisis SWOT adalah alat strategis yang telah digunakan selama bertahun-tahun dalam bisnis (dan bidang lainnya) untuk melihat Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman bahwa bisnis mungkin telah atau akan dihadapi.
Cara Pemakaian SWOT
1. Tentukan Misi dan Tujuan Anda.
Sebelum Anda melakukan SWOT Anda, penting bahwa Anda tahu apa tujuan blog Anda. Bila tidak latihan membuat blog ini akan sia-sia. Tentunya anda ingin cepat menyelesaikan blog yang anda buat dalam 31 hari bukan?
2. Daftarkan kekuatan Blog Anda.
atribut blog apakah yang anda miliki, yang akan membantu anda untuk mencapai tujuan? Apa blog Anda telah mendapatkan untuk itu? Apa bagusnya sebagai seorang blogger? Apa sumber daya dan aset yang telah anda miliki? Apa yang Anda lakukan sudah lebih baik dari blog orang lain?
3. Daftarkan kelemahan Blog Anda.
Atribut apakah yang menghambat blog Anda untuk mencapai tujuan itu? Keterampilan apa yang Anda tidak memiliki sebagai seorang blogger? Apa yang dapat merusak alur kerja Anda? Apa yang bisa atau harus Anda tingkatkan tentang blog Anda? Kemungkinan apa yang harus Anda hindari dalam blog Anda? Apa yang mengganggu Anda dari tujuan Anda?
4. Daftarkan Peluang Blog Anda.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan. Awalan untuk membuat blog adalah hal eksternal yang membantu untuk mencapai maksud dari blog yang anda buat. Tren dan ide cemerlang yang anda masukan ke dalam tulisan dan tentunya yang memang orang-orang cari. Bantuan  alat dan teknologi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan blog Anda.

5. Daftarkan Yang Mengancam Blog Anda.
Apa hal-hal eksternal yang bisa menghalangi anda untuk mencapai tujuan blog anda? Apa ada blog lain dalam ide anda  yang bisa menjadi penghalang bagi pertumbuhan blog anda sendiri?

catatan : 
Pikirkan Kekuatan dan Kelemahan sebagai faktor internal sedangkan Peluang dan Ancaman merupakan faktor eksternal.
6. Refleksi Analisis Anda dan Menghasilkan Strategi.
Bila ada kesempatan, kerjakan terlebih dahulu temuan atau ide yang terpikirkan. Bagaimana Anda bisa memanfaatkan Kekuatan Anda? Bagaimana anda bisa membawa kelemahan anda dan mengakhirinya? Bagaimana Anda bisa memanfaatkan Peluang Anda? bagaimana anda bisa menangkis temuan dan ide yang sama. Semua itu berupa Ancaman? 

7. Rancang ide anda terlebih dahulu lalu kerjakan.
Terjemahkan temuan Anda ke dalam Rencana Aksi dan mulai menerapkannya. Melakukan analisis SWOT adalah sesuatu yang dapat dilakukan secara berkala pada blog pribadi anda dan anda juga bisa berbisnis  secara menyeluruh. Pernahkah Anda melakukan salah satu di blog Anda? Apa tips yang akan Anda berikan kepada orang lain untuk melakukan satu hal?






Real Time Web Analytics Real Time Web Analytics