Setting H&S guna mempercepat kinerja koneksi Internet

  • 0



Langkah Pertama

Saat ini saya masih menggunakan komputer yang mempunyai kapasitas memory 1.75 GB of Ram dan kecepatan prosesor 2.67 Ghz. Dengan menggunakan program windows Xp Service Pack 3. Profider yang saya gunakan yaitu Indosatm2 dengan kecepatan pengiriman "bandwith" bisa mencapai 3.6 mbps koneksi 3G. Untuk menggunakan kecepatan penuh bandwith yang terkirimm, saya harus mempunyai modem yang bisa menerima proses tersebut.

Setelah mencari profile modem yang saya inginkan, akhirnya saya memutuskan untuk membeli modem merk ZTE MF626 HSDPA. Karena dengan modem ini saya bisa melaju dengan kecepatan hampir 7 mbps. Tentu saja, apabila kita mempunyai colokan ISDN di komputer kita. Karena ketika saya membeli modem tersebut, mereka tidak hanya berisikan modem saja, mereka juga memberikan sebuah colokan USB yang dapat di konversikan ke sebuah ISDN.

Saya juga menginstalkan cFosSpeed Traffic Shaping v.3.23.1270 untuk mengompress semaksimal mungkin bandwith yang diterima oleh modem dari provider. cFosSpeed adalah jaringan driver yang melampirkan sendiri untuk koneksi Internet yang sudah ada. Kemudian mengoptimalkan transfer data, dengan membentuk transmisi yang menyerupai Lalu Lintas. Traffic shaping adalah metode untuk mengoptimalkan lalu lintas Internet.

Hal ini memungkinkan kecepatan maksimum sementara memastikan minimal Ping. Anda dapat menggunakan cFosSpeed dengan router dan DSL atau modem kabel. Anda juga dapat menggunakan cFosSpeed dengan jenis akses Internet yang berbeda. Maksudnya software ini mendukung 2 provider atau koneksi yang berbeda. cFosSpeed mendukung berbagai jenis koneksi, seperti DSL, Nirkabel, ISDN, UMTS, dll.

cFosSpeed mempunyai dua tujuan, yaitu :

1. Penundaan jaringan tetap (waktu ping) kecil, untuk membuat aplikasi internet seresponsif mungkin.
2. Memperbaiki data melalui jaringan untuk menyisihkan dan menghindari dari kongesti.

Anda dapat menggunakan cFosSpeed dengan koneksi internet yang anda gunakan secara eksklusif atau yang berbagi dengan beberapa PC.

Hanya Saja untuk kasus yang satu ini anda harus menggunakan kartu Broom (Prepaid 3.5G) dan memilih fasilitas Broom Classic. Dengan quota yang diberikan sebesar 400 mb. Anda dapat menikmati kecepatan maksimal sampai 3.6 mbps. Bayangkan dengan modem yang dimiliki batas sampai 7 mbps. Memang tidak akan sampai dengan 7 mbps. Tetapi dengan kecepatan itu anda akan sangat menikmati kecepatan 3.6 mbps dengan lebih terjamin tanpa potongan bandwith.

Memang bila dipikirkan lebih lanjut, kita harus membayar mahal dengan quota yang terbatas. Bila anda ingin menghemat biaya quota, lebih baik anda memilih fasilitas Broom Unlimited. Dengan akses internet sampai 256kbps, quota yang diberikan juga lebih besar, sampai 2 GB. Malah sekarang m2 memberikan fasilitas lebih dengan mengeluarkan ongkos yang tidak seberapa. Dengan Broom XTRA atau BroomBastis yang kecepatannya sama dengan Broom Unlimited dan berbeda kapasitas quota, antara 2.5 GB dan 3 GB. Selanjutnya bila quota anda habis, nikmatilah kecepatan 64 kbps dengan quota tanpa batas.

Saya Sebenarnya masih belum puas hanya dengan mengandalkan trial software, penggunaan modem berlebih dan sebuah provider yang dapat memberikan fasilitas luar biasa daripada yang lain. Maka dari itu saya mencari sebuah referensi untuk mempercepat kerja internet. Dengan cara setting ulang sistem operasi windows, setting browser mozzila firefox versi 3.0.12 ditambah aplikasi pendukung fasterfox dan sebuah link khusus untuk mengunduh software yang saya pakai tanpa trial alias full system. Tidak lupa dengan mengalihkan jaringan ke OpenDNS. Karena Situs ini mempunyai jaringan global distribusi yang dapat mempercepat beban pada web atau situs lain. Dengan tekhnologi mereka, setiap bandwidth yang diberikan dari masing-masing provider, jaringan yang diterima tidak terputus-putus.

Langkah Kedua

Mungkin cara - cara ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta internet. Apalagi bagi pengguna yang sebelumnya sudah merasakan internet dengan menggunakan jaringan Voip. Luar biasa seniornya. Saya kira dengan kemajuan tekhnologi saat ini, dengan berbagai cara kita dapat menggunakan internet dimanapun. Dimulai dari tempat begaul dengan adanya hotspot, Sambungan Dial up atau kabel telephone dirumah, dengan cara terbaru modem buatan cina ini sangat canggih juga. Bahkan dengan handphone baik dari CDMA atau GSM yang didukung GPRS, EDGE, UMTS sampai HSDPA. Cara ini saya khususkan bagi anda pengguna Windows Xp pro versi apapun. Dengan system yang di design khusus untuk membuat proses pengiriman data internet bisa lebih cepat. kita hanya tinggal menggunakan fasilitas yang sudah dibuat ini dengan sedikit ubahan pada kontrol panel. Agar semua setting bisa optimal, saya akan menjabarkan secara berurutan.

Cara pertama

Cara ini untuk membebaskan pembatas bandwidth yang digunakan microsoft sekitar 20%. Dengan menghilangkan pembatas tersebut maka kecepatan pada penerimaan bandwidth tidak akan dipotong.

# Klik Start
# Klik Run
# Ketik gpedit.msc
# kemudian klik Ok
# Setelah masuk klik Administrative Templates
# kemudian Klik Network
# setelah terbuka klik QoS Packet scheduler
# kemudian klik Limit Reservable Bandwidth
# Dan setelah terbuka ubah setting menjadi Enable
# Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0
# Klik Apply,ok
# Kemudian keluar dan Restart komputer

cara Kedua

Jika anda menggunakan modem yang menggunakan kabel. Mungkin anda tidak mengetahui, bahwa kecepatan yang dikirimkan dari modem ke komputer melalui kabel bisa kita percepat. Sama Halnya dengan pengguna modem tanpa kabel. Tergantung dari Port plug in yang anda pakai. Seperti USB atau mungkin Ethernet (ISDN) dan juga ADSL. Masing - masing mempunyai ciri khas dan kecepatan yang berbeda. Karena yang saya ketahui, kebanyakan alat transportasi untuk mengkoneksikan komputer dengan internet memakai port USB.

# Dari Control Panel, klik icon Modem.
# Pada kotak dialog Modem Properties,
pilih modem yang akan diubah settingnya dan klik pada tombol Properties.
# Pada tab modem, ubah Maximum Speed menjadi 921600.
# Pindah ke Tab advanced - Pada Extra Setting isi dengan :
&C1&D2E1Q0V1X4%C0S7=55S11=55S0=0 (Hapus bila susah konek)
# Masih di tab advanced - klik advanced tombol Port Setting
# Dari kotak dialog Advanced Port Setting, beri tanda check pada Use FIFO
buffers. Kemudian ubah Receive Buffer menjadi 14 dan Transmit Buffer menjadi 16.
Lalu klik OK. (Biasanya sudah Otomatis)
# Lalu Dari Control Panel, klik icon System
# klik Tab Hardware
# klik tombol Device Manager.
# Pada bagian Ports (COM & LPT), pilih port yang digunakan
oleh modem Anda dan klik tombol Properties.
# Pindah ke tab Port Settings
# Pada bagian Bits per second, isi dengan 128000
# Klik Start - Klik Run - Ketik system.ini
# Pada bagian [386Enh] - Ketik COM1Buffer=16384
# Save lalu tutup
# Pada Control Panel - klik icon Network Connections
# Pada icon modem anda klik kanan pada mouse pilih properties
# klik tombol configure pada tab general
# cheklist semua tombol hardware features
# rubah Maximum Speed menjadi 921600
# Pada tab networking cari cheklist yang bernamakan (TCP/IP)
# Sesudah ditandai klik tombol properties
# Pada tab general masukan sebuah nomer berikut :
Preffered DNS server : 208.67.222.222
Alternate DNS server : 208.67.220.220
# Setelah ini anda restart

Perhatikan, COM1Buffer ini merupakan letak sambungan ports modem anda. Jika modem anda ada pada COM5 ketikan COM5Buffer=16384. Penulisan ini diketik setelah [386Enh].
Untuk pilihan DNS, anda bisa mengaktifkannya setelah anda menjadi member pada situs OpenDNS. Jangan lupa, setelah anda menjadi member terlebih dahulu. Setelah sign in, pada halaman dashboard anda klik ikon network, kemudian masukan IP address anda. Biasanya openDNS mempunyai automatic scan IP address. Anda tidak usah khawatir. Setelah itu tekan tombol add this network. Untuk menjaga sinkronisasi pada komputer anda lebih baik anda mengunduh software yang diberikan oleh openDNS dan bisa anda temukan pada halaman NETWORK tersebut pada tulisan " Keep your network's IP up-to-date with our free software.
Available for Windows and Mac OS X ". Anda bisa memilih berdasarkan sistem operasi yang anda gunakan.

Cara Ketiga

Ini untuk anda yang memiliki Browser Mozzila Firefox dari versi 1.0.1 sampai versi 3.0.12 Semua berfungsi dari segi script, tetapi untuk penambahan aplikasi fasterfox pada browser ini hanya cocok untuk versi 2 dan yang terbaru juga sudah ada.

# Ketik about:config pada browser
# Lalu akan keluar setingan untuk mentweaking firefox lalu tekan tombol
# Untuk merubahnya settingan, klik 2 kali dan masukkan data perubahannya
# Jika apa yang saya tuliskan dibawah tidak terdapat dalam settingan default
firefox, klik kanan di tempat kosong pilih New.
Untuk setingan berupa angka, pilih Integer, untuk true atau false pilih Boolean.
# Untuk pengguna DSL :

1.Set network.http.pipelining : true
2.Set network.http.proxy.pipelining : true
3.Set network.http.pipelining.maxrequests : 64
4.Set nglayout.initialpaint.delay : 0

# Untuk pengguna ADSL :

1. Set network.http.max-connections : 64
2. Set network.http.max-connections-per-server : 21
3. Set network.http.max-persistent-connections-per-server : 8
4. Set network.http.pipelining : true
5. Set network.http.pipelining.maxrequests : 100
6. Set network.http.proxy.pipelining : true
7. Set nglayout.initialpaint.delay : 0

# Untuk pengguna Dial Up :

01. Set browser.cache.disk_cache_ssl : true
02. Set browser.xul.error_pages.enabled : true
03. Set network.http.max-connections : 16
04. Set network.http.max-connections-per-server : 4
05. Set network.http.max-persistent-connections-per-proxy : 4
06. Set network.http.max-persistent-connections-per-server : 4
07. Set network.http.pipelining : true
08. Set network.http.pipelining.maxrequests : 4
09. Set network.http.proxy.pipelining : true
10. Set plugin.expose_full_path : true
11. Set signed.applets.codebase_principal_support : true
12. Set content.interrupt.parsing : true
13. Set content.max.tokenizing.time : 3000000
14. Set content.maxtextrun : 8191
15. Set content.notify.backoffcount : 5
16. Set content.notify.interval : 750000
17. Set content.notify.ontimer : true
18. Set content.switch.threshold : 750000

Setelah anda merubah kembali settingan anda pada mozzila, restart kembali. Saatnya menggunakan aplikasi terbaru dari fasterfox. Aplikasi ini sebenarnya tidak jauh rancangannya dengan sesuatu yang saya tulis diatas. Hanya saja berdasarkan pemakaian saya terhadap aplikasi ini selama beberapa bulan, saya kira aplikasi ini berpengaruh dalam merubah pola berdasarkan perhitungan untuk mengoptimalkan mozzila. Jadi sebenarnya anda tidak perlu menyetel ulang browser anda. Untuk berjaga - jaga bila perhitungannya tidak akurat, lebih baik setting manual saja dulu.

Berikut Tutorialnya :





Untuk mengunduh aplikasi fasterfox klik aja nih :



Langkah Ketiga dan Terakhir

Setelah melengkapi dan menganjak ulang komputer dan browser anda, Kini saatnya mencoba aplikasi yang sanggup merealokasikan ukuran bandwidth yang terkirim maupun yang diterima, dengan cara mengkompresi sebuah jejaring yang terkirim. Pasanglah aplikasi yang bernama "cFosSpeed Traffic Shaping". Untuk membantu kerja mesin browser anda. Susunan kerja browser anda memang sudah diperkuat dengan fasterfox, namun itupun tidak cukup. Untuk memperpendek jalur pencarian sebuah alamat, terdapat aplikasi yang memakai bahasa mesin aksara java (jar)yang bernama greasemonkey. Program yang dapat memperkuat pencarian halaman situs, menambahkan hal yang kurang pada halaman situs dan melancarkan pembebanan di halaman situs. Aplikasi ini juga ditunjang oleh aplikasi greasefire, yang melacak berbagai script untuk ditempatkan pada greasemonkey tersebut.

Anda bisa mengunduh program cFosSpeed Traffic Shaping, greasemonkey dan greasefire. Andapun dapat melengkapi greasemonkey dengan mencari aksara lainnya di situs ini :
userscripts
cFosSpeed Traffic Shaping
PW = OwlsNest
greasemonkey
greasefire


Khusus untuk pemakai browser Mozilla firefox, untuk mengurangi pemakaian bandwidth yang memboroskan, khususnya pada flash dan image atau gambar yang berukuran besar, baik pada konten ataupun iklan. Terdapat suatu aplikasi yang dapat kita pakai pada browser, seperti FlashBlock, imglikeopera atau imageBlock. Bila anda memakai jaringan dalam bentuk gprs, sangat melelahkan untuk menunggu transmisi flash. Lebih baik anda memakai better you tube, google gears, flash quality changer, youtube emp. Anda bisa mencari aplikasi diatas tadi dengan addons.mozilla.

No comments :






Real Time Web Analytics Real Time Web Analytics